Sabtu, 27 Februari 2010

DIGITALPRENEUR

Infrastruktur telekomunikasi yang semakin baik menunjang 'pengusaha digital' untuk terus lahir, berkembang bahkan menjadi pemain besar di dunia usaha. Kenaikan pengguna facebook di Indonesia yang termasuk tertinggi di dunia membuat mata para penjual mulai serius memperhatikan pergerakan bisnis yang terjadi di sana.
Setidaknya ada 9 bidang bisnis yang perlu diamati (SWA no. 04/XXVI) jejaring dan media sosial, mobile content & advertising, mobile application, business software, game dan animasi, e-commerce,, e-education, e-Gov dan e-payment. Masing- masing bisnis ini berkembang sesuai budaya dan karakternya sendiri.
Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah seberapa jauh peran pemerintah berkecimpung dalam urusan perkembangan dunia usaha ini. Polemik Kemkominfo baru2 ini rasanya membuat kita pesimis akan kemauan pemerintah. Jadi lebih baik kita katakan "biarkan kami berjalan sendiri" lebih pantas untuk diucapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar